ROTI

Usaha Bisnis Roti

Meningkatkan penghasilan adalah sebuah keinginan dari setiap orang. Memang diakui bahwa di zaman ini, kebutuhan setiap manusia selalu meningkat dari waktu ke waktu. Jumlah uang yang dibutuhkan untuk membiayai kehidupan diri dan keluarganya juga naik. Fenomena ini tentu harus disikapi dengan bijak oleh semua orang.

Peluang-Usaha-Bisnis-Roti

Banyak yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Beberapa orang melakukan upaya penghematan dalam anggaran kehidupannya. Berbagai pengeluaran yang dirasa tidak perlu akan dipangkas untuk menyelamatkan biaya hidup yang lebih penting. Tetapi, biaya untuk makan, sosial, kemasyarakatan, pendidikan anak, tentu tidak bisa dipangkas begitu saja. Tetap harus ada dan dianggarkan. Namun, kegiatan menghemat anggaran agak berat juga sebetulnya. Bahkan bagi sebagian orang mungkin akan terasa begitu sulit untuk mengerjakannya dan bahkan memandang sebagai sesuatu yang mustahil.
Melihat lingkungan sekitar kita untuk mencari-cari solusi atau cara yang terbaik, lama kelamaan akan memunculkan sebuah ide untuk mengatasi masalah pelik ekonomi keluarga. Ada langkah lain selain menghemat anggaran keuangan. Cara tersebut yakni melakukan usaha selain pekerjaan kita selama ini. Banyak sekali peluang info usaha yang ada di lingkungan kita. Tergantung bagaimana kita melihat peluang usaha tersebut. Memang perlu kejelian dalam menangkap adanya suatu peluang usaha.
Tak perlu jauh-jauh dari rumah kita untuk mencari sebuah ide tentang usaha. Ketika kita beli apalah barang itu ke warung dekat rumah, misalnya. Kita akan menjumpai makanan yang berupa roti. Makanan ini dijual ecer dengan harga Rp 1.000 sampai Rp 2.000. Ada pula yang harganya Rp 5.000 atau Rp 10.000. Sangat cocok sekali bila kita mencoba menangkap Peluang Usaha Bisnis Roti. Dengan harga yang murah dan praktis penyajiannya, menjadi banyak konsumen atau pembelinya. Maka, amat besar peluang untuk menjadi kaya dari usaha bisnis ini. Semua juga bergantung dari hasil keuntungannya akan tetapi semuabisa diusahakan untuk itu.
Bisnis roti pada saat ini berkembang pesat dimana-mana, ini ditandai dengan banyaknya roti yang dijual di pasaran. Banyak pula ragam, bentuk, dan jenis dari roti ini. Tingkat konsumsi dari masyarakat kepada makanan roti ini juga tergolong tinggi. Bermacam-macam roti di toko atau warung ludes terjual. Anak-anak yang membeli roti untuk sekedar makanan misalnya, banyak sekali kita lihat saat mereka jajan di kantin sekolah. Berbagai acara rapat pun menggunakan roti untuk bahan snacknya.

Untuk memulai usaha bisnis roti, beberapa hal memang perlu dilakukan. Tentu, semua ini demi untuk keberlangsungan perjalanan usaha tersebut nantinya. Maka sangat penting untuk kita menyimaknya berikut ini :
1. Siapkan ilmu membuat roti yang berkualitas
Pengetahuan tersebut sangat penting dalam hal membuat roti. Kualitas yang bagus dari hasil memasak roti dari tangan Anda akan membuat sebuah kesuksesan usaha. Roti harus bertekstur lembut. Warna juga supaya kelihatan menarik. Pastikan pula untuk mengusai takaran yang pas sehingga roti tidak mudah tengik misalnya. Atau rasa tidak mudah berubah hanya dalam hitungan jam. Tentu hal ini ada resepnya. Ada ilmu tertentu. Cuma kita dari awal harus berusaha mendapatkan hal ini.
2. Miliki ketangguhan diri
Sedari awal hendaknya selalu menyimpan motivasi yang besar pada dadanya. Bermotivasi untuk hidup lebih maju. Menjalankan Peluang Usaha Bisnis Roti adalah sebuah keputusan tepat untuk saat ini. Maka selanjutnya, harus tertanam dalam diri untuk berniat sungguh-sungguh dan menggenggam kuat keseriusan. Perlu dimengerti bahwa seluruh usaha apapun jenis dan macamnya, yang namanya kendala itu pasti ada. Bukan untuk ditakuti tetapi untuk dihadapi. Lalu dicarikan solusi yang tepat. Nah, mencari solusi dari hambatan dalam usaha ini sulit dilakukan bagi orang-orang yang mudah berputus asa. Kesimpulannya, kemampuan mengelola usaha untuk sukses harus dimulai dari kekuatan niat yang ada di dalam diri seorang perintis atau pemiliknya.

3. Suveilah pasar atau calon konsumen
Begitu pentingnya meilihat pasar sampai ada yang mengatakan bahwa kuasailah pasar maka industri atau produsen itu akan mudah dikuasai juga. Ini mengingatkan bahwa sebelum kita membuat sebuah produk roti, apapun macamnya, harus dimulai dari data yang dikumpulkan. Contohnya saja, kita harus bisa menjawab sebuah pertanyaan bentuk seperti apakah roti yang paling banyak disukai anak-anak di sekolah? Tentu jawaban ini tidak bisa kita dapatkan dari rumah saja. Perlu kita bergerak ke beberapa sekolah atau kantinnya yang akan menjadi pasar kita nanti. Kita bisa melihat atau sekadar bertanya di sana. Selain bentuknya, ada hal lain yang perlu juga didata. Rasa apa yang paling digemari? Warna apakah yang paling disukai? Harga berapa yang terjangkau untuk mereka? Semua itu penting sekali kita ketahui dengan baik. Mungkin saat ini sebagian besar para pengusaha roti ini belum memahami masalah ini. Tentu menjadi sebuah nilai tambah tersendiri bagi Anda bila melakukannya. Segala data hasil survei tersebut bisa dijadikan pertimbangan selanjutnya untuk kita membuat roti yang sesuai.
4. Menyiapkan modal
Modal untuk sebuah usaha memang sebuah hal yang tidak bisa dipungkiri keberadaannya. Modal dapat menggerakkan usaha agar berjalan optimal. Adanya modal ini dimanfaatkan untuk membeli peralatan produksi, melakukan iklan, menggaji karyawan, membeli bahan baku, dan keperluan lainnya. Sebelum melihat jumlah modal yang diperlukan, sebaiknya kita harus juga memikirkan bagaimana kita mendapatkan jalan untuk mendapatkannya. Kebanyakan orang mencari modal dengan pinjam uang di bank. Baik bank milik pemerintah maupun bank milik swasta. Dengan tingkat suku bunga yang beragam tentunya. Dalam hal ini, sebetulnya ada cara lain untuk mendapatkan uang sebagai modal. Menawarkan kepada investor adalah salah satunya. Dengan sistem kerja sama bagi hasil pastinya. Investor yang mempunyai uang dan memiliki kemauan untuk kita ajak bekerjasama kita lobi. Banyak sebenarnya orang-orang yang berpotensi menjadi investor di sekitar kita itu. Orang tua, sanak saudara, teman dekat, keluarga, maupun rekan kerja. Meyakinkan mereka sehingga mau menitipkan atau menginvestasikan uangnya merupakan tugas kita selanjutnya. Kalaupun investor belum kita dapatkan satupun, maka berhutang kepada mereka bisa kita ambil sebagai cara selanjutnya. Pendekatan dan negosiasi sederhana amat penting.
5. Manejemen yang baik
Manajemen dalam dunia usaha sudah menjadi pokok berjalannya usaha. Kesalahan sebuah manajemen dapat berakibat buruk bagi keberlangsungan usaha nantinya. Beberapa hal manejemen yang harus dipikirkan, antara lain: harus ada catatan lengkap tentang arus uang cash yang masuk maupun keluar. Tidak boleh juga untuk mencampur uang khusus usaha dan uang pribadi kita. Sangat merugikan dan bisa rancu nanti. Dalam usaha yang telah skala berskala besar, amat dibutuhkan untuk melakukan perhitungan secara akuntansi yang standar. Bisa Anda memakai jasa akuntan atau menggunakan software akuntansi. Semua ada kelebihan dan kekurangannya. Selain, pengaturan keuangan, ada lagi sesuatu yang dibutuhkan. Misal, tentang mengatur kerja karyawan. Menjadi pemimpin memang tidak mudah. Tetapi, bisa kita mulai membangun diri kita menjadi pemimpin yang sejati. Akan mudah mengatur karyawan asalkan kita mampu memberi keteladanan yang baik di mata mereka. Antara diri kita dan karyawan hendaknya tidak boleh ada jarak atau sekat. Sebaiknya selalu ada suasana kekeluargaan yang baik tanpa meninggalkan sikap disiplin dan profesionalitas kerja.
Sebagai langkah awal usaha, Anda sebaiknya menjadi seorang distributor roti terlebih dahulu dalam waktu yang tidak lama. Ini bermanfaat untuk mengetahui cara kerja pemasaran dan meraih peluang pasar. Sesudah itu, barulah kita merintis Peluang Usaha Bisnis Roti dengan bidang produksi maupun distribusi.
Ada yang penting lagi untuk dilakukan, hendaknya pula kita memiliki jiwa sosial yang tinggi kepada sesama. Saat usaha Anda nanti berjalan lancar, sisihkan sebagian hasil keuntungan untuk bersedekah. Apa yang dikeluarkan tidaklah hilang. Sepertinya saja kita kehilangan, namun kebaikan-kebaikan akan menyertai usaha dan kehidupan anda, tentunya. Kesuksesan usaha akan lebih mudah diraih. Baiklah, semoga sukses dan artikel ini bermanfaat.

NB. Bagi anda yang ingin bergabung dengan saya dalam usaha roti ini bisa kontak ke:

  • Hp: 085959052237 ( by sms only )
  • Email: leezeep19@gmail.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: