Mengatasi Sakit Tenggorokan dan Hidung Tersumbat

Saat terserang penyakit seperti flu dan batuk perasaan tidak nyaman akan terus mengikuti anak anda. Saat anak mengalami hal tersebut tentunya akan mempengaruhi berbagai aktifitas mereka serta mengurangi nafsu makan. Saat flu yang akan sangat mengganggu anak adalah tenggorokan dan hidung yang tersumbat. Namun anda sebaiknya mencoba cara mengatasi hal tersebut secara cepat seperti petunjuk yang telah dilansir dari berbagai sumber di bawah ini :

Berikut tips sederhana mengatasi anak yang sakit tenggorokan dan hidung tersumbat:

1. Air putih dan cairan lain

Meminum banyak air ptuih merupakas solusi utama agar anak bisa segera keluar dari penderitaan mereka saat tenggorokan dan hidung tersumbat. Air putih akan sangat manjur dan diutamakan agar anda memberikan anak air hangat. Alternatif seperti jus juga sangat baik serta the chamomile atau peppermint. Sup ayam juga dapat meringankan ketidaknyaman, karena bersifat anti-inflamasi dan dapat mengencerkan lendir keluar.

2. Air garam dan semprotan saline

Solusi lain adalah dengan menggunakan air garam dan semprotan saline sebab ia mampu membantu mengeluarkan lendir dan meringankan beberapa rasa sakit yang terkait dengan tenggorokan mampat. Selain itu anda bisa saja membuat larutan sendiri dengan mencampur setengah sendok teh garam dengan air. Anda tidak dibolehkan untuk meminum air garam tapi hanya dipakai untuk berkumur.

3. Uap

Cara lain yang lebih sederhana untuk membantu mengurangi tenggorokan mampat adalah dengan menghirup uap atau uap air. Jika Anda memiliki vaporizer (bukan vaporizer rokok elektronik), ajak anak ke sebuah ruangan dan minta ia bernapas selama 10 sampai 15 menit selama dua atau tiga kali per hari. Jika Anda tidak memiliki vaporizer, Anda dapat menyiapkan bak ukuran sedang yang telah diisi uap air. Gunakan handuk untuk menutupi kepala anak saat ia menempatkan wajahnya di atas uap.

4. Obat

Solusi ini mungkin biasa saja. Tapi sebaiknya anda bisa mengambil tindakan cepat pengobatan rumah, Anda dapat membeli obat dekongestan yang tersedia di apotek terdekat. Jangan berikan ini dalam jangka waktu lebih dari tiga hari sebab akan membuat ketergantungan.

Itulah beberapa cara yang mungkin bisa anda coba untuk anak anda. Semoga bermanfaat.

About zeep19

Mencari arti sebuah kehidupan.... Ingin lebih mendalami kehidupan di dunia maya... Gx muluk-muluk, tp terpenuhi semuanya:-D Yang terpenting c.. bisa memperbanyak tali silahturahmi...

Posted on 26/12/2015, in Hidung Anak Mampat. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: