Cara Mengatasi Sakit Lidah Tergigit

Cara Mengatasi sakit lidah tergigit, terkadang banyak diantara kita yang tidak menyadari dan tidak sengaja menggigit lidah sendiri. Maka karena menggigitnya saat makan, berbicara atau karena hal lainnya. Rasa sakit pada lidah yang digigit biasanya sangatlah nyeri walau diliat dalam kasat mata, lidah kita tidak begitu meninggalkan luka trauma yang cukup serius.

Namun daripada anda harus menahan rasa sakit tersebut maka ada baiknya tips di bawah ini bisa membantu anda meringankan rasa sakit pada lidah yang tergigit:

1. Air garam

Sangat jarang orang ynag ingin meletakkan garam pada luka mereka. Namun dengan berkumur-kumur dengan air garam akan membantu anda menghilangkan bakteri dan juga mencegah teradinya iritasi. Walaupun pada awalnya terasa perih namun lambat laun sakitnya akan lebih reda.

 2  Kompres dengan es batu
Jika lidah berdarah ada baiknya mengimpres luka pada lidah yang tergigit dengan menggunakan es batu. Es batu mungkin akan membuat anda ngilu tetapi bisa sangat membantu mengurangi rasa sakit dan cepat dalam menghentikan pendarahan
 3  Meminum air dingin
Selain es batu ada baiknya anda juga sering meminum air dingin. Hal ini dinilai bisa memberikan efek penenang pada anda sebab terjadinya kontraksi dengan lidah yang tergigit.
 4  Sembuhkan luka dengan baking soda
Bakin soda juga dinilai cocok. Anda bisa mencampur sedikit baking soda dengan juga air yang bersih. Setelah itu anda bisa mengoleskannya secara perlahan pada lidah anda yang luka akibat tergigit.
 5  Kompres dengan madu
Sangat dipercaya bahwa madu berkhasiat untuk mengeringkan luka dan juga dapat mencegah infeksi. Caranya gampang , cukup kompres luka anda dengan menggunakan 1 sendok madu. Setelah itu diamkanlah ia pada mulut anda, ia akan sangat berfungsi untuk menutup luka dengan cepat.
 6  Jangan makan pedas
Tentunya jika anda mengonsumsi makanan pedas maka luka anda akan terasa panas dan bisa menyebabkan terjadinya peradangan pada lidah anda. Maka hindarilah makanan pedas sementara waktu.

About zeep19

Mencari arti sebuah kehidupan.... Ingin lebih mendalami kehidupan di dunia maya... Gx muluk-muluk, tp terpenuhi semuanya:-D Yang terpenting c.. bisa memperbanyak tali silahturahmi...

Posted on 26/12/2015, in Sakit Lidah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: